Batu Ginjal, Penyakit yang Bisa Terjadi Karena Kurang Minum

Faktor risiko dari penyakit batu ginjal adalah dehidrasi. Siapa pun yang rentan terhadap batu ginjal harus memperhatikan hidrasi yang baik. Sebuah uji coba secara acak menunjukkan bahwa minum 2 liter cairan sehari mengurangi kemungkinan kambuhnya batu ginjal sekitar setengahnya. Pedoman American Urological Association untuk manajemen medis batu ginjal merekomendasikan agar pasien yang mengalami batu ginjal harus meminum lebih dari 2,5 liter cairan per hari.

Ada empat jenis utama batu ginjal : kalsium oksalat / kalsium fosfat, asam urat, struvite (magnesium ammonium fosfat), dan sistin. Siapa pun yang memiliki gejala batu ginjal harus dirujuk ke ahli urologi. Evaluasi awal biasanya mencakup ; darah, urin, dan studi pencitraan. Keputusan tentang pengujian, dan akhirnya perawatan, harus dibuat bersama oleh dokter dan pasien.

Pengobatan

Perawatan untuk batu ginjal bervariasi, tergantung pada jenis dan penyebabnya.

Batu-batu kecil dengan gejala minimal

Kebanyakan batu ginjal kecil tidak memerlukan perawatan invasif. Anda mungkin dapat melewati batu kecil dengan :

1. Air minum

Minum sebanyak 2 hingga 3 liter (1,9 hingga 2,8 liter) sehari dapat membantu membersihkan sistem saluran kemih Anda. Kecuali dokter memberi tahu Anda sebaliknya, minumlah cukup cairan  kebanyakan air untuk menghasilkan urin yang jernih atau hampir jernih.

2. Penghilang rasa sakit

Melewati batu kecil dapat menyebabkan ketidaknyamanan. Untuk meredakan nyeri ringan, dokter dapat merekomendasikan penghilang rasa sakit seperti ibuprofen (Advil, Motrin IB, yang lain), acetaminophen (Tylenol, lainnya) atau naproxen sodium (Aleve).

3. Terapi medis

Doktermungkin memberi Anda obat untuk membantu mengeluarkan batu ginjal Anda. Jenis obat ini, dikenal sebagai alpha blocker, melemaskan otot-otot di ureter Anda, membantu Anda melewati batu ginjal lebih cepat dan dengan lebih sedikit rasa sakit.

Batu besar dan yang menyebabkan gejala

Kelenjar paratiroid

Batu ginjal yang tidak dapat diobati dengan tindakan konservatif , baik karena terlalu besar untuk ditkeluarkan secara alami atau karena menyebabkan perdarahan, kerusakan ginjal infeksi saluran kemih yang berkelanjutan mungkin memerlukan perawatan yang lebih lanjut. Prosedur dapat meliputi :

1. Menggunakan gelombang suara untuk memecah batu.

Untuk penyakit batu ginjal tertentu tergantung pada ukuran dan lokasi. Dokter dapat merekomendasikan prosedur yang disebut extracorporeal shock wave lithotripsy (ESWL). ESWL menggunakan gelombang suara untuk menciptakan getaran kuat (gelombang kejut) yang memecah batu menjadi potongan-potongan kecil yang dapat dilewatkan dalam urin Anda. Prosedur ini berlangsung sekitar 45 hingga 60 menit dan dapat menyebabkan rasa sakit yang sedang, sehingga Anda mungkin akan diberikan sedasi atau anestesi ringan untuk membuat Anda nyaman.

ESWL dapat menyebabkan darah dalam urin, memar di punggung atau perut, berdarah di sekitar ginjal dan organ-organ lain yang berdekatan, dan rasa tidak nyaman ketika potongan-potongan batu melewati saluran kemih.

2. Pembedahan untuk mengangkat batu yang sangat besar di ginjal.

Prosedur yang disebut nephrolithotomy perkutan (nef-row-lih-THOT-uh-me) melibatkan pembedahan mengeluarkan batu ginjal menggunakan teleskop kecil dan instrumen yang dimasukkan melalui sayatan kecil di punggung Anda. Anda akan menerima anestesi umum selama operasi dan berada di rumah sakit selama satu atau dua hari saat Anda pulih. Dokter dapat merekomendasikan operasi ini jika ESWL tidak berhasil.

3. Menggunakan ruang lingkup untuk menghilangkan batu.

Untuk menghilangkan batu yang lebih kecil di ureter atau ginjal Anda, dokter mungkin melewati tabung tipis terang (ureteroscope) yang dilengkapi dengan kamera melalui uretra Anda dan kandung kemih ke ureter Anda.

Setelah batu itu ditemukan, alat khusus dapat menjerat batu itu atau memecahnya menjadi potongan-potongan yang akan mengalir dalam urin Anda. Dokter kemudian dapat menempatkan tabung kecil (stent) di ureter untuk meredakan pembengkakan dan meningkatkan penyembuhan. Anda mungkin memerlukan anestesi umum atau lokal selama prosedur ini.

4. Operasi kelenjar paratiroid

Beberapa batu kalsium fosfat disebabkan oleh kelenjar paratiroid yang terlalu aktif, yang terletak di empat sudut kelenjar tiroid Anda, tepat di bawah jakun. Ketika kelenjar-kelenjar ini menghasilkan terlalu banyak hormon paratiroid (hiperparatiroidisme), kadar kalsium Anda bisa menjadi terlalu tinggi dan akibatnya batu ginjal bisa terbentuk.

Hiperparatiroidisme kadang-kadang terjadi ketika tumor kecil dan jinak terbentuk di salah satu kelenjar paratiroid atau Anda mengalami kondisi lain yang menyebabkan kelenjar ini memproduksi lebih banyak hormon paratiroid. Menghapus pertumbuhan dari kelenjar menghentikan pembentukan batu ginjal. Atau dokter dapat merekomendasikan perawatan dari kondisi yang menyebabkan kelenjar paratiroid memproduksi hormon secara berlebihan. Penyakit batu ginjal adalah penyakit yang bisa terjadi dan dialami oleh orang yang tidak disiplin memperhatikan asupan minuman dalam tubuh mereka.

Sumber :

www.health.harvard.edu

www.mayoclinic.org

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *