Menurut sebuah studi yang dilakukan pada 2015, kanker pernapasan membunuh sekitar empat juta orang di seluruh dunia, terbanyak berasal di negara berkembang. Yang tergolong ke dalam jenis kanker pernapasan adalah kanker paru-paru, bronkus, trakea, hingga laring. Penyebab penyakit ini salah satunya berasal dari kebiasaan buruk seperti merokok.

Agar terhindar dari penyakit-penyakit yang telah disebutkan tadi, kita perlu menjaga kesehatan paru-paru. Berikut ini tips gaya hidup sehat untuk menjaga kesehatan paru-paru.

  1. Menghindari rokok

Rokok disebut-sebut menjadi pemicu utama terjadinya masalah pernapasan. Bukan hanya perokok saja, yang bukan perokok pun dapat merasakan dampak buruknya. Orang yang hanya menghirup asap rokok bahkan memiliki risiko lebih tinggi mengalami gangguan pernapasan daripada perokok aktif itu sendiri. Hindari berdekatan dengan orang yang sedang merokok untuk menghindari asapnya.

  1. Rajin berolahraga

Salah satu kegiatan untuk menjaga kesehatan paru-paru adalah rajin berolahraga. Olahraga berperan dalam menyehatkan tubuh, termasuk organ-organ di dalamnya. Lakukan olahraga minimal tiga kali dalam seminggu. Sangat baik jika olahraga dilakukan di tempat fitnes. Tetapi jika tidak, lakukan saja olahraga ringan seperti berjalan kaki, jogging, atau bersepeda.

  1. Mengonsumsi buah-buahan

Agar paru-paru sehat, kamu perlu mengonsumsi makanan yang mengandung antioksidan. Buah-buahan merupakan makanan yang tepat untuk menjaga kesehatan paru-paru, lebih tepatnya mencegah kerusakan yang diakibatkan oleh oksidan. Konsumsilah buah yang mengandung vitamin C karena buah tersebut mengandung antioksidan.

  1. Memperhatikan ventilasi udara

Meskipun terlihat sepele, memiliki ventilasi udara di rumah juga tergolong hal yang penting. Agar kesehatan paru-paru terjaga, pastikan oksigen masuk ke dalam rumah. Lakukan pembersihan rumah secara berkala dengan tidak lupa membuka ventilasi udara dan jendela. Paru-paru merupakan organ pernapasan manusia sehingga kesehatannya harus selalu diperhatikan.

  1. Menghindari polusi

Tips terakhir menjaga kesehatan paru-paru yaitu dengan menghindari polusi. Polusi di luar ruangan seperti debu dan asap rokok dapat menyebabkan masalah kesehatan, tidak hanya masalah paru-paru saja. Bagi penderita penyakit paru-paru, kondisi lingkungan sekitar harus selalu diperhatikan. Selalu jaga kebersihan dimanapun berada dan sebaiknya gunakan masker ketika berada di tempat umum.

Lakukan tips gaya hidup sehat di atas agar kesehatan paru-paru terjaga. Paru-paru yang sehat memudahkan penyaluran oksigen ke seluruh tubuh. Dengan demikian, kinerja organ dalam tubuh akan optimal dan aktivitas sehari-hari dapat berjalan lancar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *