Media sosial tidak hanya menjadi tempat untuk memposting kegiatan perseorangan saja. Karena kepopulerannya, media sosial juga dimanfaatkan banyak perusahaan untuk dijadikan media branding sebuah usaha. Kepemilikan media sosial seakan sudah menjadi hal wajib bagi setiap orang yang ingin usahanya terus berkembang.

Berikut ini tips mudah menjaga keamanan media sosial agar tidak mudah diretas oleh para hacker.

A. Perhatikan keamanan aplikasi

Biasanya pengelola media sosial akan menggunakan aplikasi pihak ketiga untuk membantu memudahkan pekerjaannya. Biasanya aplikasi tersebut meminta akses terhadap data yang terdapat dalam akun media sosial. Sebelum menekan pilihan ‘Izinkan’, sebaiknya perhatikan detail yang diminta aplikasi tersebut. Jaga data dirimu dari cara peretasan semacam ini.

B. Gunakan kata sandi yang kuat

Agar akun media sosial aman, gunakan kata sandi yang kuat dan tidak mudah dilacak orang. Jangan gunakan kata sandi yang mudah seperti tanggal lahir dan sebagainya. Lebih baik gunakan kata sandi yang rumit dan sulit. Kombinasikan angka, huruf, besaran huruf hingga simbol untuk memperkuat kata sandi. Walaupun sulit dan ribet, hal ini tetap harus dilakukan sebagai bentuk kewaspadaan terhadap keamanan media sosial.

C. Gunakan aplikasi anti virus

Salah satu cara hacker melakukan peretasan yaitu melalui virus. Untuk itu, kamu perlu memasang aplikasi anti virus untuk melindungi ponsel secara keseluruhan. Ada banyak aplikasi anti virus yang dapat diunduh di playstore baik yang berbayar maupun gratisan atau melalui situs Teknolagi. Tetapi jika kamu bingung memilih aplikasi anti virus yang tepat, mintalah rekomendasi dari orang yang mengerti tentang anti virus.

D. Gunakan otentifikasi dua faktor

Ketika mendaftarkan diri dalam suatu media sosial, biasanya kamu akan diberikan pilihan untuk mengonfirmasi identitas pengguna. Biasanya konfirmasi identitas pengguna dapat dilakukan melalui email dan pesan teks sehingga email dan nomor HP harus aktif. Kamu juga dapat menggunakan otentifikasi dua faktor untuk menjaga keamanan media sosial ketika akan log in kembali.

E. Menjaga keamanan data media sosial

Langkah terakhir untuk menjaga keamanan media sosial yaitu dengan menjaga keamanan data media sosial. Selalu rahasiakan kata sandi dari orang lain, bahkan dari keluarga terdekat sekalipun. Kata sandi merupakan jalan masuk untuk masuk ke suatu media sosial sehingga harus selalu dirahasiakan.

Itulah tips mudah menjaga keamanan media sosial dari retasan para hacker. Biasanya hacker melakukan peretasan untuk mencuri akun seseorang dan kemungkinan besar akan digunakan untuk tujuan yang tidak baik seperti tindakan kriminal. Berhati-hatilah terhadap kejahatan cyber semacam itu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *